banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Kembangkan Katalog Elektronik Lokal Dalam Wujudkan Pembangunan

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Sekretaris Daerah Berau, Muhammad Said membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Katalog Lokal dan Rencana Umum Pengadaan 2024 yang dilaksanakan di Ruang sangalaki, Rabu (22/11/2023).

Pada sambutannya, dirinya mengatakan bahwasanya Kementerian Dalam Negeri telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk melakukan percepatan pengelolaan Katalog Elektronik Lokal

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Berau telah membentuk Katalog Elektronik Lokal karena mengingat terdapat potensi belanja sebesar Rp 4,7 triliun yang berasal dari porsi belanja barang dan belanja modal dalam APBD Kabupaten Berau Tahun Anggaran 2024”, ungkapnya.

Kemudian, ada potensi Rp.2,5 triliun lebih kurang untuk barang dan jasa, yang bisa dialokasikan atau bisa diarahkan agar membeli produk-produk dalam negeri, mulai dari Produk-produk dalam negeri yang dikelola secara profesional oleh organisasi besar dalam negeri, sampai kue-kue yang diproduksi oleh rumah-rumah atau home industry.

“Tentunya tahapan khusus pada Etalase Produk yang sudah disediakan oleh LKPP dan Pemda, menindaklanjuti pencantuman barang/jasa Katalog Elektronik Lokal melalui tiga langkah, meliputi inisiasi pencantuman barang/jasa, pendaftaran penyedia katalog elektronik, dan penayangan”, jelasnya.

Selanjutnya, yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan adalah Penayangan Rencana Umum Pengadaan (RUP). RUP ini melibatkan identifikasi kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan perangkat daerah, perencanaan, penetapan rencana untuk penganggaran, hingga penyusunan Kerangka Acuan Kerja (ΚΑΚ).

“Dengan demikian, data-data yang telah dikumpulkan untuk RUP nantinya akan diteruskan ke Sistem Rencana Umum Pengadaan Barang dan Jasa (SIRUP) yang dikembangkan LKPP, kemudian, data- data tersebut akan ditayangkan lewat portal pengadaan nasional”, tuturnya.

Dirinya menekankan kepada perangkat UPBJ agar lebih cermat dan hati-hati saat mengambil keputusan untuk lelang pengadaan barang dan jasa. Sebab, jika dilakukan dengan tepat, PBJ akan membantu negara khususnya Pemerintah Kabupaten Berau dalam mewujudkan pembangunan nasional yang adil dan tepat sasaran, karena dilaksanakan sesuai kebutuhan.

“Dalam hal ini, semua nantinya akan bermuara pada value for money, yang artinya, kita tak perlu lagi mengejar persaingan dalam mengejar harga murah, akan tetapi akan lebih fokus mengatur kombinasi harga dengan kualitas yang seimbang”, katanya.

Terakhir beliau berharap agar para saudara dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan pembangunan Di Kabupaten Berau.

“Marilah bersama-sama kita wujudkan pembangunan Kabupaten Berau yang berhasil, maju dan sejahtera”, pungkasnya.

yus/adv