banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Pemerintah Daerah Kucurkan Anggaran Rp 100 Miliar Lebih, DPUPR Berau Genjot Pembangunan Turap di 5 Titik Lokasi

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPURPR) Berau, Fendra Firnawan melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air, Hendra mengungkapkan memasuki akhir Tahun 2023 ini pihaknya sedang mengenjot pembangunan turap sebanyak lima titik lokasi dengan total anggaran sebesar Rp 100 Miliar lebih. Sabtu (4/11/2023)

Ditemui diruang nya, Hendra mengatakan, lima titik tersebut diantaranya di Kelurahan Sambaliung, Kampung Gurimbang, Kelurahan Gunung Tabur RT 05 dan RT 01 serta sisanya di belakang Kantor Bupati Berau.

“Tahun ini kita ada lima kegiatan pembangunan turap. Start awal memang sedikit terlambat karena kira perlu perencanaan yang mendetail,” ungkapnya.

Lanjutnya, pembangunan turap ini dipercepat pembangunannya untuk mengamankan sungai segah dan kelay. Kata dia, jika tidak diamankan secepatnya bisa merugikan badan sungai seperti terjadinya pendangkalan, pelebaran sungai dan lainnya.

“Kita juga melakukan kajian-kajian agar tidak sekedar ada taman dan penghijauan saja, tapi juga mengamankan aset jalan sekaligus mengamankan kondisi batimetri sungai,” bebernya.

Menurutnya, mengingat kondisi arus di ulu sungai yang berubah-ubah dan debit air sungai yang berubah setiap tahunnya.

“Efek pemanasan global kan,” katanya.

Diakui Hendra pembangunan turap ini sangat penting dan memang memerlukan anggaran yang cukup besar. Dikati, kebetulan memiliki anggaran yang cukup untuk mengejar dan membenahi.

“Seperti yang terjadi di Kampung Gurimbang, terlambat kita benahi dan akhirnya terjadi longsor yang hampir membahayakan sumber air PDAM. Untungnya kita memiliki anggaran yang cukup hingga bisa kita tangani secepatnya,” terangnya.

Hendra berharap, pengerjaan pembangunan turap di lima titik tersebut bisa berjalan lancar sesuai target. Pihaknya berkomitmen, pengerjaan tersebut diselesaikan dengan baik tanpa mengurangi mutu serta kualitasnya.

“Pembangunan turap ini urgensi, jadi akan dibangun dengan baik dan berkualitas,” pungkasnya. (yus/adv)