banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Pemkab Berau Gelar Lomba Kuliner Ancur Paddas dan Olahan Ikan

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB, Global-satu.com – Pemerintah Kabupaten Berau menggelar acara Lomba Kuliner Khas Berau (Ancur Paddas) dan Kuliner Olahan Ikan Daerah Kabupaten Berau yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Berau, Sabtu (18/11/2023).

Dalam sambutan Bupati Berau yang disampaikan oleh Muhammad Said selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Berau, Bupati Berau mengatakan bahwasanya sangat menyambut baik terselenggaranya lomba Ancur Paddas dan Kuliner Olahan Ikan bagi para pelaku ekonomi kreatif.

“Karena kami yakin dan percaya bahwa memang bagian dari tupoksi atau bagian dari tugas dari Dinas Kebudayaan dengan menggali Potensi-potensi yang mungkin bisa dikembangkan untuk menjadi sebuah sebuah kebiasaan”, ujarnya.

Ancur paddas dari bahasa Banua yang artinya bubur yang merupakan salah satu varian makanan Bubur khas Berau yang berbahan dasar 41 jenis rempah-rempah yang mengandung bahan alami serta memiliki cita rasa yang khas dan dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Tentu dengan perkembangan yang ada di Kabupaten Berau dengan perkembangan yang cukup besar dan pesat tentu diimbangi dengan bagaimana upaya Pemerintah Daerah untuk memunculkan kembali budaya-budaya dan tradisi Kabupaten Berau.

“Dengan harapan terselenggaranya lomba Kuliner Khas Berau (Ancur Paddas) dan Kuliner Olahan Ikan sebagai promosi, contohnya di hotel-hotel sebagai makanan pembuka dan lain sebagainya”, tuturnya.

Ia juga berharap sinergitas dari Dinas Kebudayaan Pariwisata mampu mengembangkan, berkreasi, dan dapat mengolah lebih banyak, kemudian membuka sentra-sentra industri masyarakat yang mampu untuk menggerakkan perekonomian di masyarakat.

“Tetap jalin Sinergitas Mengembangkan Pariwisata dalam Mewujudkan Berau yang maju dan sejahtera”, tutupnya.

Ikoey/rdk/adv