banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Seminar Kesehatan dan Acara Puncak HKN Ke-59 Upaya Memberantas Malaria

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Bupati Berau yang diwakili oleh Sekda Berau, Muhammad Said membuka Seminar Kesehatan dan Acara Puncak HKN Ke-59 yang bertemakan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas, Sebagai Implementasi Germas Menuju Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju di Ruang RPJPD Bapelitbang pada Rabu (22/11/2023).

Hari Kesehatan Nasional di Indonesia diperingati pertama kali pada 12 November 1964. Lahirnya HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November berawal dari upaya pemberantasan penyakit Malaria di Indonesia.

“Pemerintah pun melakukan berbagai upaya dalam memberantas wabah malaria ini, yang kemudian keberhasilan pemberantasan malaria tersebut diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama,” ucapnya

Ia menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini, yang dimana ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan.

Ia berpesan kepada seluruh pihak dan masyarakat pada momentum seperti ini tidak hanya peringatan semata, tetapi juga dapat mewujudkan sistem kesehatan Nasional yang lebih kuat yang mampu menghadapi tantangan kedepannya.

“Karena melalui transformasi sistem kesehatan melalui enam pilar transformasi, sistem kesehatan yang kuat pun akan terwujud,” ucapnya.

Said pun berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menjadi wadah dalam menumbuhkan sinergitas antar tenaga kesehatan.

“Tingkatkan kesadaran, pengetahuan, kewaspadaan tentang isu kesehatan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan,” pungkasnya.(yus/adv)