banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.
News  

Bupati Sebut BPK Adalah Mitra Pemerintah Kampung Bukan Oposisi

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Bupati Berau yang diwakili oleh Sekda Berau, Muhammad Said resmi membuka Musyawarah Daerah (Musda) Pembentukan Persatuan Anggota Badan Pemusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI), Selasa (19/12/2023).

Ia mengatakan bahwa BPK memiliki peran yang sangat penting dan strategis, seperti yang tertuang dalam amanat Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, bahwasanya BPD/BPK adalah lembaga legislatif desa yang mengusung mandat untuk menyalurkan aspirasi, merencanakan anggaran, dan mengawasi pemerintahan desa.

“Dalam perjalanannya, BPK juga menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan agenda pembangunan, dan melakukan pemberdayaan masyarakat,” ucapnya pada sambutan.

Kemudian, BPK adalah wakil dari penduduk kampung yang dipilih dan ditetapkan berdasarkan keterwakilan wilayah secara demokratis.

“Adapun, di antara fungsi BPK ialah membahas dan menyepakati rancangan peraturan kampung, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat kampung, serta melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala kampung,” bebernya.

Jika dilihat dari fungsinya, perangkat BPK selain dituntut memiliki kecakapan, juga dituntut memiliki kapasitas, kualitas, dan kapabilitas guna memperkuat kapasitasnya sebagai DPR di tataran kampung.

Mewakili masyarakat tentu bukanlah perkara mudah. Beberapa tantangan yang paling nyata, adalah bagaimana memfungsikan secara optimal struktur organisasi BPK termasuk bidang-bidang yang ada di dalamnya, bagaimana menggerakkan potensi dan partisipasi masyarakat, hingga bagaimana melaksanakan fungsi kontrol demi pencapaian target pembangunan daerah.

“Tantangan inilah yang harus segera dicermati dan dijawab oleh Ketua dan anggota BPK dengan kinerja yang nyata dan perlu disadari bahwa BPK adalah Mitra Pemerintah Kampuny bukan Oposisi,” tandasnya.