banner 728x250. banner 728x250.
banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

DPRD Berau Dukung Program Beasiswa Kepada Dokter Spesialis

 

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna Kalalembang menyerukan tindakan penting untuk mengatasi krisis kesehatan di wilayah Kabupaten Berau.

Dalam sebuah pernyataan, ia menekankan perlunya peningkatan kualitas dokter muda untuk memenuhi permintaan dokter spesialis yang terus meningkat di Berau.

Menurut Ratna, layanan kesehatan saat ini di Berau masih jauh dari optimal, dengan banyak warga terpaksa mencari perawatan spesialis di luar kota.

“Tentu sangat miris sekali, fasilitas untuk kesehatan di Kabupaten Berau masih kurang dan harus rujuk ke luar kota,” ucapnya kepada Global-satu.com

Untuk mengatasi masalah ini, ia mendesak Pemerintah Kabupaten Berau untuk menyediakan beasiswa bagi dokter muda.

“Saya sangat mendukung adanya beasiswa karena untuk peningkatan kualitas dokter,” bebernya.

Tujuannya adalah untuk memfasilitasi pelatihan dan pendidikan yang lebih baik, yang akan membekali para dokter muda dengan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi spesialis. Selain itu, Ratna juga menyoroti kebutuhan akan layanan kesehatan yang lebih baik selama akhir pekan.

“keluhan pasien tentang keterbatasan layanan akhir pekan dan menuntut pengadaan dokter yang siaga di akhir pekan untuk memenuhi kebutuhan mendesak,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Ratna menekankan pentingnya sumber daya manusia (SDM) kesehatan yang berkualitas di samping pembangunan fasilitas rumah sakit.

Menurutnya, fasilitas kesehatan yang lengkap tanpa dukungan dokter spesialis tidak akan memberikan manfaat efektif bagi masyarakat. Dia juga mengkritik pemborosan anggaran yang tidak fokus pada pengembangan dokter, menegaskan bahwa keseimbangan antara fasilitas dan SDM kesehatan adalah kunci untuk memajukan bidang kesehatan di Kabupaten Berau.

Usulan Ratna Kalalembang ini diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam sistem kesehatan di Berau, terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.(yus/adv)