banner 728x250. banner 728x250.

Hasil Survei Litbang Kompas Terbaru untuk paslon Presiden dan Wakil Presiden

banner 728x250. banner 728x250.

Nasional, Global-satu.com – Berikut hasil survei Litbang Kompas pada Desember 2023 mengenai elektabiltas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

Dari hasil survei tersebut, menunjukkan bahwa elektoral pasangan capres-cawapres nomor urut 2, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas dengan berhasil mengungguli pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hasil lengkap survei Litbang Kompas yang dirilis pada Senin (11/12/2023) tersebut yakni pasangan Prabowo-Gibran: 39,3 persen, Anies dan Cak Imin: 16,7 persen, Ganjar-Mahfud: 15,3 persen.

Namun, Litbang Kompas menegaskan jumlah responden yang belum menentukan pilihan atau undecided masih di angka 28,7 persen,sehingga angka survei per kandidat yang ditampilkan masih dapat berubah.

Jumlah tersebut terbilang besar dan disebutkan menjadi penentu dinamika politik yang terjadi dalam dua bulan menjelang pemungutan suara, tetapi peneliti Litbang Kompas, Bambang Setiawan mengatakan, Prabowo-Gibran unggul baik di pemilih perkotaan maupun perdesaan, serta laki-laki dan perempuan.

Selain itu, suara untuk Prabowo-Gibran juga lebih tinggi pada hampir semua kelompok pemeluk agama, Adapun, survei Litbang Kompas ini dilaksanakan pada 29 November hingga 4 Desember 2023.

Ikoey/Rdk/Global-satu