banner 728x250. banner 728x250.
banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Kabupaten Berau jadi Kandidat pembangunan Waterbase Airport

Tanjung Redeb, Global-satu.com – Indonesia sebagai negara poros maritim dunia dengan 60 persen wilayahnya adalah perairan memiliki potensi besar mengembangkan konsep wisata perairan menggunakan pesawat apung. Melihat peluang tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengembangkan transportasi udara ke air atau sebaliknya bernama seaplane.

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) merencanakan akan membuka 10 bandara air (waterbase airport) di Indonesia untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam program prioritas nasional yakni mengembangkan pariwisata serta memperlancar distribusi logistik antarpulau.

Kepala Kantor Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Kalimarau, Ferdinan Nurdin saat di temui tim liputan, Selasa (05/12/2023) mengatakan bahwa Kabupaten Berau menjadi salah satu kandidat, karena berau merupakan bandara yang dinaungi langsung oleh kementrian perhubungan pusat.

“Jadi Berau akan menjadi percobaan untuk bisa dioperasikan Sea Plane nantinya, rencana lokasinya yakni Maratua dan Derawan, tetapi karena Maratua sudah ada bandara, maka saya melirik pulau derawan” Ucapnya

“Kita perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah sebagai pemangku kebijakan dan masyarakat lokal” Tuturnya

Senada dengan itu Sekretaris Daerah Berau Muh.Said menjelaskan bahwa kabupaten berau sebagai mitra dari IKN, sehingga perlu adanya persiapan – persiapan yang harus dilakukan.

“Sehingga jika didukung oleh transportasi yang cukup baik dan cepat, dan itu akan memberikan nilai lebih bagi para wisatawan yang hadir ke kabupaten berau”

“Kalo dari sisi pembiayaan, kita belum tau costnya berapa, tetapi pada prinsipnya kita sangat terbuka dan pemerintah kabupaten berau akan mensupport” Jelasnya

Ia juga berharap program – program yang cukup baik seperti ini dapat di support oleh pemerintah Kabupaten Berau.

 

Ikoey/Rdk/Global-satu