banner 728x250. banner 728x250.

Rahman Meminta Disbun Untuk Memberikan Perhatian Lebih Kepada Petani Kakao

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB – Sektor Perkebunan jenis kakao atau cokelat sudah menjadi komiditi andalan Kabupaten Berau Namun, Anggota Komisi II DPRD Berau, Rahman mengatakan, para petani kakao masih kesulitan dalam memperoleh pupuk yang berkualitas.

Menurutnya, Pemkab Berau melalui instansi terkait harus mampu memberikan perhatian khusus kepada para petani kakao. Seperti melakukan pengelompokan agar para petani kakao lebih mudah memperoleh bantuan seperti masalah pupuk yang mereka alami saat ini.

“Seharusnya, dibuatkan kelompok tani. Jadi petani kakao bisa mudah memperoleh bantuan apapun itu,” ungkap Rahman.

Diketahui, Pemkab Berau melalui Dinas Perkebunan sedang gencar dengan komoditas cokelat yang sudah mulai diekspor keluar negeri. Tidak hanya luar negeri, permintaan akan kakao khas dari Berau ini juga memiliki peminat yang banyak dari dalam negeri

“Kakao kita memiliki ciri khas yang disukai, terbukti permintaan akan kakao fermentasi ini banyak kepada kita,” tuturnya.

Rahman berharap, Pemkab Berau lewat Dinas Perkebunan bisa bergerak cepat untuk membantu permasalahan yang dialami para petani kakao yang ada di Bumi Batiwakkal ini. Tentunya diharapkan juga agar para petani tidak beralih fungsi ke komoditi lain yang menurut mereka lebih menguntungkan.

“Jangan sampai petani kakao kita beralih. Kita harus beri dukungan terus dengan bantuan yang maksimal,” tandasnya.(yus/adv)