banner 728x250. banner 728x250.
Berau, News  

EVAKUASI BUAYA 4,77 METER DI KAMPUNG SUKAN TENGAH

banner 728x250. banner 728x250.

Sambaliung, Global-satu.com – Warga Kampung Sukan Tengah, Kecamatan Sambaliung, dikejutkan dengan kehadiran sebuah buaya berukuran lebih dari 4 meter yang masuk ke dalam parit pemukiman pada Senin (12/02/2024) pagi.

Proses evakuasi dilakukan oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim-Berau.

Muhammad Ilyas, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Kaltim-Berau, menjelaskan bahwa buaya pertama kali terlihat saat sedang menyantap hewan peliharaan milik warga setempat.

“Informasi dari masyarakat yang melintas melaporkan adanya buaya di Kampung Sukan Tengah di parit tepian jalan. Masyarakat melaporkan bahwa buaya tersebut baru saja menyantap seekor anjing,” Ucapnya

Tim BPBDBerau bersama dengan Babinsa dan warga segera berupaya untuk melakukan evakuasi, sehingga Buaya tersebut berhasil diamankan dengan panjang mencapai 4,77 meter.

Selanjutnya, buaya tersebut direncanakan akan dibawa ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara, untuk ditempatkan dalam penangkaran. Karena Buaya tersebut telah memasuki usia tua dan giginya sudah ompong.

 

Meski proses evakuasi telah berhasil, proses pengantaran buaya dari Berau ke Tarakan akan dilakukan melalui kapal.

 

Bunyamin, Kepala Kampung Sukan Tengah, menambahkan bahwa kejadian tersebut terjadi di Satuan Pemukiman (SP) 4 Jalan Ambarawa RT 12.

“Buaya tersebut mengikuti alur air di parit-parit yang sudah dibersihkan oleh warga pemukiman situ, akibat hujan terus menerus dan banjir,” Ungkapnya.

 

Ikoey/Rdk