banner 728x250. banner 728x250.

Hari Perempuan Internasional, Hetifah: Perempuan Punya Peran Penting dalam Ekonomi Kreatif

banner 728x250. banner 728x250.

Samarinda, Global-Satu.com – Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret bertema Inspire Inclusion, diperingati Hetifah Sjaifudian, anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Timur, dengan menginisiasi kegiatan penguatan kapasitas bagi perempuan para pelaku event, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, organisasi perempuan, dalam sebuah kegiatan bertajuk “Pemberdayaan Peran Perempuan dalam Menggerakkan Event di Bumi Etam”, dengan menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  RI.

Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Harris Samarinda ini dihadiri oleh Hetifah Sjaifudian (Wakil Ketua Komisi X DPR RI), Fransiskus Handoko (Direktur Event Nasional dan Internasional – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Andi Arifin (Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata kota Samarinda, Astri Mardiani (Direktur ADW Production). Sabtu (09/03/2024).

Andi Arifin menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini, sesuai dengan visi misi kota Samarinda sebagai kota pendukung Ibu Kota Nusantara (IKN), dimana pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi unggulan.  Perempuan terbukti serba bisa, dan sangat konsen terutama dalam peningkatan ekonomi kreatif, termasuk dalam hal ini event.

“Event memberikan dampak positif bagi ekonomi, kesan yang mendalam, bermanfaat dan berkelanjutan, dan perempuan memegang peranan kunci’ jelasnya.

Selain itu, Fransiskus Handoko menjelaskan pariwisata menjadi sektor andalan. Pada tahun 2024 target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 14,3 juta. Dan saat ini kita sikapi dengan menyiapkan strategi program dalam perwujudan aktivitas yang bermanfaat terutama terkait peningkatan ekonomi masyarakat. Event menjadi trigger point untuk kegiatan-kegiatan dalam rangka menumbuhkembangkan  pariwisata.

“Dan tugas kami memberikan edukasi agar event tersebut bisa lebih bermanfaat. Perempuan bukan hanya sebagai pendukung tetapi sebagai leader. Kualitas ekosistem parekraf untuk menuju parekraf yang berkelanjutan” terangnya.

Lebih lanjut, Hetifah Sjaifudian menjelaskan bahwa Perempuan sebagai Pelaku Ekonomi Kreatif memiliki peran yang sangat penting dalam membangun ekonomi lokal dan masyarakat yang berkelanjutan.

“Melalui berbagai bidang seperti Event, perempuan berkontribusi nyata dalam memperkaya identitas budaya dan menciptakan nilai tambah penguatan event” tegasnya.

Meskipun tantangan masih ada, langkah-langkah yang tepat dalam mendukung partisipasi dan pemberdayaan perempuan dalam event diharapkan mampu menghasilkan dampak positif yang signifikan.

Bidang ekonomi kreatif memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh perempuan. Banyak perempuan yang mampu lebih berdaya dan mengoptimalkan potensinya. Banyak perempuan yang punya kompetensi tinggi tetapi masih perlu peningkatan kepercayaan diri. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengidentifikasi dulu potensi diri.

“Sekali lagi saya mengucapkan Selamat Hari perempuan internasional, wujudkan perempuan Kaltim yang berdaya” tutupnya. (Alexa/rilis)