banner 728x250. banner 728x250.

RPJPD Samarinda 2025-2045: Langkah Strategis Menuju Kemajuan Peradaban Kota Samarinda

banner 728x250. banner 728x250.

Samarinda, Global-satu.com – Samarinda bersiap untuk mengambil langkah besar menuju menjadi kota pusat peradaban dengan rencana pembangunan jangka panjangnya.

Pada Musrenbang yang diadakan tanggal 18 April 2024, Wali Kota Andi Harun menekankan visi pemerintah kota yang telah ditetapkan untuk periode 2025-2045.

“Kami bertujuan untuk menjadikan Samarinda sebagai pusat peradaban yang berfokus pada perdagangan dan jasa, yang tidak hanya maju tetapi juga berkelanjutan,” jelasnya.

Dalam konteks RPJPD yang baru, Andi Harun menyoroti beberapa isu strategis yang akan menjadi pusat perhatian dalam pembangunan Samarinda ke depan, sejalan dengan visi ‘Kaltim Sejahtera 2045’ dari provinsi Kalimantan Timur.

Visi RPJPD Samarinda adalah untuk mendorong kota menjadi superhub ekonomi yang maju, adil, dan berkelanjutan. Ini termasuk memperkuat daya saing manusia di era global, membangun ekonomi yang inklusif, serta meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di dalam kota.

“Kami juga akan memperkuat posisi Samarinda sebagai Ibu Kota Provinsi dan sebagai tetangga IKN,” tambahnya.

Dia juga menekankan pentingnya reformasi birokrasi yang komprehensif dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

“Kami berkomitmen untuk mengembangkan TRI-CITY, yang akan meningkatkan kualitas hidup warga Samarinda,” kata Andi Harun.

Wali Kota juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua yang telah berkontribusi dalam konsultasi publik RPJPD Samarinda, yang akan menjadi pedoman penting bagi pembangunan kota di masa yang akan datang.

“Melalui konsultasi publik yang efektif, kami berharap dapat menyelesaikan penetapan RPJPD dengan DPRD Kota Samarinda pada pertengahan tahun 2024,” pungkasnya. (Alexa/Rdk)