banner 728x250. banner 728x250.

Audit dan Inspeksi Kendaraan, Ditlantas Polda Kaltim Kunjungi DPW ALFI/ILFA Kaltimtara

banner 728x250. banner 728x250.

Samarinda, Global-satu.com – Dalam rangka kegiatan audit dan inspeksi kendaraan umum dan barang, tim Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Ditlantas Polda Kaltim) lakukan sosialisasi ke organisasi Dewan Perwakilan Wilayah Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (DPW ALFI/ILFA) Kaltimtara. Kegiatan tersebut digelar di Graha KSA, Gedung II DPW ALFI/ILFA Kaltimtara Jalan Jelawat No 23 Samarinda. Rabu, 8 Mei 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, Kombespol Rifki yang diwakili oleh Wakil Direktur Lalu Lintas AKBP Moh. Ronny Mustofa, beserta jajarannya.

Pada kesempatan ini ditemui oleh Mohamad Gobel, selaku ketua DPW ALFI/ILFA Kaltimtara, perwakilan perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) dibawah naungan ALFI/ILFA, PT Rezki Abadi Bersama, PT Cargo Samarinda Jaya, PT Cahaya Abadi Logistik.

Diketahui, DPW ALFI/ILFA Kaltimtara merupakan organisasi pengusaha yang berkegiatan pada jasa pengurusan transportasi yang menaungi para pelaku usaha kepelabuhanan, angkutan darat, angkutan udara dan angkutan kereta api.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadir Lantas) Polda Kaltim AKBP Moh. Ronny Mustofa melakukan audit dan inspeksi secara kontinu guna untuk menertibkan kendaraan dan pengemudi dengan tujuan untuk meminimalisir kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

“Kasus lakalantas akhir ini melonjak cukup besar dan yang terlibat kendaraan umum maupun yang mengangkut orang atau barang,” ungkapnya.

“Nanti setelah pengecekan pengemudi baik dari kepemilikan SIM sesuai kendaraan yang dibawa, selanjutnya akan pengecekan kendaraan sesuai spek kendaraan,” sambungnya.

Kedatangan tim Ditlantas Polda Kaltim ini disambut baik oleh DPW ALFI/ILFA Kaltimtara, kedatangan ini merupakan apresiasi karena merupakan bentuk perhatian bagi para pelaku usaha di bidang transportasi jasa maupun barang.

Ditambahkan Liliek Budijanto selaku Wakil Ketua Umum Bidang Multimoda DPW ALFI/ILFA Kaltimtara, menuturkan kegiatan ini merupakan program Polda Kaltim dalam keselamatan berkendara.

“Pihak Ditlantas Polda Kaltim memang menjadwalkan rutin kegiatan ini kepada anggota ALFI, serta melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada pengemudi khususnya yang mengendarai kendaraan roda 4, 6 dan 10,” jelas ko Liliek sapaan akrabnya.

Liliek membeberkan, salah satu JPT  yang diinspeksi ialah PT Trimanunggal Sukses Jaya Utama.

“Hari ini yang diinspeksi adalah teman kami yang berlokasi di Jalan Ir. Sutami, dan nanti akan dilanjutkan inspeksi ke teman-teman yang lain yang mempunyai kendaraan dalam jumlah banyak dan di workshop,” bebernya.

Adanya kegiatan inspeksi dan audit ini, Sekretaris Umum ALFI/ILFA Kaltimtara, H. Widjanarko berharap kunjungan tersebut menjadi masukkan bagi pihaknya dalam memberikan pemahaman keselamatan berkendara dan menjadi hal yang utama dalam pekerjaan semua pengemudi.

“Nantinya semua anggota ALFI menjadi tertib dan memperhatikan kelengkapan terhadap kendaraan maupun dari kelengkapan perangkat yang dimiliki pengemudi,” imbuh Widjanarko. (Alexa/Rdk)