banner 728x250. banner 728x250.

MTQ Ke-53 Samarinda Ilir, Miliki Jiwa Jujur dan Suportif

banner 728x250. banner 728x250.

Samarinda, Global-satu.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 Tingkat Kecamatan Samarinda Ilir dibuka oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun yang diwakili Camat Samarinda Ilir La Uje di Jalan Abdul Aziz Samad, Sabtu (4/5/2024).

MTQ ini digelar selama enam hari, sejak tanggal 4 Mei sampai 9 Mei 2024 dengan kelurahan yang berpartisipasi, yakni Selili, Sidomulyo, Sungai Dama, Sidodamai, dan Pelita.

Sebanyak 132 peserta diikutsertakan dalam kegiatan ini, yang terdiri dari 30 peserta dari Kelurahan Selili, 21 peserta dari Sidomulyo, 20 peserta dari Sungai Dama, 22 peserta dari Sido damai dan 35 peserta dari Pelita.

“MTQ adalah sebuah festival keagamaan bagi umat Islam untuk menggaungkan Al-Qur’an,” jelas Andi Harun.

“Peserta mengaji dengan qiraat atau seni membaca Al-Qur’an dan mensyiarkan ajaran Islam,” sambungnya.

Ia menuturkan, bahwa MTQ menjadi sebuah metode dakwah yang efektif. Tidak hanya para peserta yang dapat mendapatkan manfaat dalam membaca dan memahami Al-Qur’an,

“Tetapi orang-orang di sekitar yang menyaksikannya dapat merasakannya, yakni kesejukan dan ketentraman hati,” imbuhnya.

Mantan wakil ketua DPRD Provinsi Kaltim ini, mengimbau kepada seluruh peserta dan dewan hakim untuk menjaga sportivitas, memiliki jiwa yang jujur dan suportif adalah keharusan bagi seorang manusia yang baik. Karena mendapat juara adalah bonus.

Pemerintah Kota Samarinda berharap, melalui kegiatan ini akan membawa dampak yang positif terhadap peningkatan pengetahuan, khususnya pemahaman terkait Al-Qur’an dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) utamanya di Samarinda Ilir.

Selain itu, Ketua Panitia MTQ Samarinda Ilir Andi Syafrudin menyampaikan rasa syukur karena banyaknya para kafilah yang berpartisipasi menandakan banyak orang yang masih mengenal Al-Qur’an.

“Saya terima kasih kepada seluruh peserta dan partisipan yang hadir, mohon maaf apabila kegiatan yang dilakukan terdapat kekurangan dan kendala,” ucapnya.

Ia berharap, segala persiapan sampai berakhirnya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan lindungan dari Allah SWT serta menjadi berkah bagi seluruh pihak. (Alexa/Rdk)