banner 728x250. banner 728x250.

Pentingnya Sertifikasi Halal dan Higienis bagi RPU dan RPH, DPRD Dorong Pemkot Samarinda Berperan Aktif

banner 728x250. banner 728x250.

Samarinda, Global-satu – Sertifikasi halal dan higienis bagi Rumah Potong Unggas (RPU) dan Rumah Potong Hewan (RPH) di Samarinda sangat penting untuk memastikan produk hewani yang dijual kepada masyarakat memenuhi standar halal dan kebersihan yang ketat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Samarinda Abdul Rohim. Ia menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda membantu pemilik RPU dan RPH dalam mengurus sertifikasi halal dan higienis guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam mengonsumsi produk hewani.

“Ini bukan hanya tentang memenuhi regulasi, namun sebelum dikonsumsi harus memastikan daging potong yang dijual bersertifikat halal dan higienis, juga harus dipastikan terlebih dahulu tempatnya layak dan bersih,” urainya.

Ia memastikan RPU dan RPH yang ada sudah terstruktur dengan baik, hewan dan unggas yang digunakan oleh pedagang juga memang bersumber dari tempat yang dipastikan halal dan memiliki sertifikasi halal.

“Serta bahan baku non-hewani seperti garam dan air yang digunakan dalam proses pemotongan juga memiliki sertifikasi halal dari lembaga berwenang,” pungkasnya. (Alexa/Rdk)