banner 728x250. banner 728x250.
News  

Refleksi 100 Hari Kerja Ferdinan Nurdin dalam Podcast Eksklusif di Media Global Satu

banner 728x250. banner 728x250.

Samarinda,Global-satu – Kepala Kantor BLU UPBU Kelas I Kalimarau, Ferdinan Nurdin, menjadi tamu istimewa dalam podcast eksklusif yang ditayangkan oleh Media Global Satu pada Kamis, (20/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Ferdinan mengupas tuntas perjalanan 100 hari kerja pertamanya sejak menjabat sebagai Kepala Bandara Kalimarau pada 17 Mei 2023 lalu.

Berbagai topik penting yang sedang hangat dibicarakan, seperti harga tiket, penggunaan sistem pembayaran “cashless”, serta manajemen kargo, menjadi sorotan utama dalam podcast tersebut.

Ferdinan juga membahas pencapaian dan tantangan yang dihadapi pasca pandemi Covid-19, termasuk pemulihan lalu lintas penumpang, kesehatan dan keselamatan, serta pemulihan hubungan kerja.

“Refleksi 100 hari kerja saya yang meliputi pemulihan operasional, pengembangan SDM, promosi dan marketing, serta rencana masa depan untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi bandara, juga mencakup inovasi teknologi, peningkatan keamanan, dan strategi untuk menarik lebih banyak penumpang dan maskapai penerbangan,” ucapnya.

Ferdinan memberikan wawasan mendalam tentang operasional bandara dan visinya untuk masa depan. Ia menjelaskan berbagai upaya yang sedang dilakukan untuk mengatasi mahalnya harga tiket antara lain kerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan.

“Menjalin kerjasama dengan berbagai maskapai penerbangan untuk menambah frekuensi penerbangan dan membuka rute baru, dengan harapan dapat meningkatkan volume penumpang dan menurunkan harga tiket,” katanya.

Lebih lanjut, ia memaparkan upaya meningkatkan efisiensi operasional bandara dan promosi pariwisata dapat menjadi solusi atas kemahalan tiket yang terjadi dan peningkatan dalam pemberian pelayanan pada penumpang.

“Bekerjasama dengan pemerintah daerah dan sektor pariwisata untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Kalimarau, sehingga permintaan tiket naik dan harga tiket lebih kompetitif,” jelasnya.

“Mengutamakan feedback dari penumpang melalui survei dan dialog langsung untuk mengidentifikasi rute penerbangan potensial,” sambungnya.

Ia menuturkan juga, langkah strategis dalam menghadapi masalah tersebut dan meningkatkan pelayanan kepada penumpang ialah investasi dalam pengembangan infrastruktur bandara, seperti perluasan terminal dan peningkatan fasilitas kargo.

Selain itu, Ferdinan juga menjelaskan tentang implementasi sistem pembayaran cashless di Bandara Kalimarau sebagai bagian dari upaya modernisasi.

“Sistem ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang lebih efisien, modern, dan aman, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung pertumbuhan serta keberlanjutan operasional bandara,” tuainya.

Terakhir, Ferdinan menyoroti pengelolaan kargo di Bandara Kalimarau, mencakup infrastruktur, proses operasional, dan pentingnya layanan kargo bagi pengembangan ekonomi lokal.

“Kami berharap Bandara Kalimarau tidak hanya menjadi pusat transportasi penumpang yang efisien, tetapi juga menjadi pusat logistik yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” pungkasnya. (Alexa/Rdk)