banner 728x250. banner 728x250.

Dukung Ketahanan Pangan, Bupati Berau Berikan Bantuan Alsintan untuk Petani

banner 728x250. banner 728x250.

Tanjung Redeb, Global-satu.com – Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, serahkan bantuan Alsintan, Saprodik dan Sapronak dalam rangka mendukung program perluasan area tanam untuk ketahanan pangan di Kabupaten Berau.

Penyerahan tersebut diselenggarakan di Kantor Balai Benih Utama (BBU) padi dan Holtikultura Sei Bebanir Bangun, Rabu (03/07/2024) siang.

Junaidi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan mengatakan bantuan tersebut merupakan hasil usulan dari dinas Ke Dirjen PSP Kementerian Pertanian.

“Terdapat beberapa alat pertanian yang sudah kami usulkan antara lain traktor roda empat ada tiga unit, kita usulkan 3 unit Alhamdulillah datang 3 unit kemudian traktor roda dua yang kita usul 24 unit yang sudah disetujui 9 unit,” jelanya.

Lebih lanjut junaidi menambahkan dalam rangka menghadapi El Nino 1 unit pompa air juga di berikan.

“Alhamdulillah kita juga meminta bantuan dari pusat dari APBN ada 17 unit pompa air 44 inch yang disetujui ada 13 unit kemudian pompa air yang 3 inch dari 7 unit yang kita usul ada 6 unit yang sudah dikirim dari pusat,” katanya

Selain dari APBN dari APBD murni provinsi kaltim ada bantuan 60 ekor sapi yang sementara dalam proses tahap lelang.

“Bantuan kambing juga sudah ada 25 ekor dari 90 ekor” terangnya.

Di tempat yang sama Bupati Berau dalam sambutannya menyampaikan bantuan yang telah diberikan diharapkan dapat bermanfaat bagi para petani dan peternak dalam meningkatkan produktivitasnya.

“Sebab kita ketahui bahwa saat ini cuaca ekstrem dan ancaman gagal panen akhir-akhir ini menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para petani kita,” ucapnya.

Menurutnya sektor pertanian memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan daerah maupun nasional karena berkaitan dengan kecukupan pangan masyarakat.

“Untuk itu saya mendorong peran aktif kita semuanya khususnya jajaran Dinas Pertanian dan peternakan untuk melakukan monitoring ;-dan pendampingan kepada para petani dan peternak agar dapat tangguh dan dapat berproduktivitas tinggi,” pintanya.

Sri juniarsih berharap ada langkah-langkah dalam mengatasi alih fungsi lahan untuk mengantisipasi kekeringan dan kekurangan sumber daya petani.

“ini merupakan program kerja pemerintah daerah yang pernah saya sampaikan 3 tahun yang lalu dan saat ini program kerja tersebut tetap kami tunaikan kepada masyarakat bukti kesungguhan kami bahwa kami sangat perhatian kepada para petani dan peternak” ungkapnya

Bupati Berau pun berharap agar petani dan peternak di kabupaten berau lebih sejahtera dan ia pun meminta proposal-proposal yang diberikan oleh oleh kelompok tani dan kelompok peternak yang belum terealisasi supaya dapat disegerakan.

Indraoey/rdk/adv