banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Musrenbang Kecamatan Pulau Derawan, Bupati soroti pendidikan dan Kesehatan

banner 728x250. banner 728x250.

Tanjung Batu, Global-satu.com – Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2024 di Kecamatan Pulau Derawan, Bupati Berau Sri Juniarsih menegaskan pentingnya perhatian terhadap kecamatan pulau derawan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. Pada (24/02/2024).

Bupati Berau menekankan bahwa pendidikan dan kesehatan merupakan prioritas utama, mengingat pentingnya peningkatan sumber daya manusia.

“Pendidikan dijadikan fokus utama dengan alokasi anggaran 20% dari APBD untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas” Ucapnya

Sri Juniarsih meminta agar pembinaan dan pendampingan terhadap kebutuhan pendidikan di Kecamatan Talisayan menjadi lebih teliti, dengan menyesuaikan aturan sesuai regulasi untuk memberikan solusi terbaik bagi anak-anak dalam proses belajar-mengajar.

Selain itu, masalah kesehatan juga menjadi sorotan, mengingat tidak hanya penduduk lokal tetapi juga wisatawan yang memerlukan pelayanan kesehatan.

“Saya meminta Sarana, prasarana, dan tenaga kesehatan harus diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan, saya juga mencatat usulan tentang kebutuhan rumah ibadah, infrastruktur jalan, dan rumah adat sebagai bagian dari upaya untuk memperkaya potensi pariwisata” Bebernya

Dalam upaya mengelola anggaran dengan baik, Bupati Sri Juniarsih mengingatkan pentingnya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha pariwisata. Sosialisasi dan promosi pariwisata juga perlu ditingkatkan untuk menarik minat wisatawan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyoroti masalah kebersihan objek pariwisata, termasuk pengelolaan sampah. Dia meminta kerjasama dari semua pihak, termasuk pemilik penginapan, untuk menjaga kebersihan lingkungan demi menjaga keindahan pulau Derawan sebagai destinasi pariwisata yang unggul.

“Saya harap upaya-upaya tersebut, diharapkan sektor pariwisata di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Berau dapat berkembang dan diminati wisatawan” Ungkapnya (Indraoey/Rdk)