banner 728x250. banner 728x250.

Lomba Olahraga Tradisional, Bupati Berau Sebut Lestarikan Budaya Kabupaten Berau

banner 728x250. banner 728x250.

 

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas resmi membuka Lomba Olahraga Tradisional Kabupaten Berau tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Batiwakkal, Selasa (19/09/2023).

Pada sambutannya, Lomba tersebut sebagai upaya meningkatkan kompetesi olahraga sekaligus melestarikan budaya masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Berau.

“Apalagi, kita masih berada dalam suasana Hari Jadi ke-70 Kabupaten Berau, yang tentu kegiatan ini akan menambah semarak sekaligus semangat kita dalam mencintai dan merawat tradisi yang kita miliki,” ucapnya pada sambutan.

 

Secara umum masyarakat umum pada masa sekarang lebih mengenal jenis olahraga prestasi seperti sepak bola, bola volly, basket, tenis meja dan lain sebagainya, padahal jenis olahraga terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu, olahraga pendidikan, olahraga untuk mencapai prestasi, dan olahraga tradisional.

“Namun, pada saat ini olahraga tradisional hampir punah di tengah-tengah masyarakat yang disebabkan oleh perkembangan zaman dan kemajuan tehnologi. Anak-anak sekarang mungkin tidak banyak mengenal olahraga tradisional yang pernah dimainkan generasi sebelumnya,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada jajaran Dispora, Disbudpar, dan jajaran terkait, agar meningkatkan pembinaan, melestarikan budaya untuk pengembangan pariwisata melalui olahraga tradisional.

“Lakukan sosialisasi kepada masyarakat dan sekolah-sekolah dan perbanyak kompetesi olahraga tradisional, seperti yang kita laksanakan pada hari ini,” pungkasnya.

Penulis: yusril