banner 728x250. banner 728x250.
News  

BKKBN  Sidoarjo Berikan  Pelatihan   Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Tingkat Desa

banner 728x250. banner 728x250.
SIDOARJO  – Dengan jumlah penduduk sudah mencapai ratusan juta tentunya Indonesia  membutuhkan pendataan yang lebih teliti dalam pengelompokan seperti  usia, jenis kelamin, pendidikan dan lainnya.  Dengan kemajuan teknologi  pemberkasan pun bisa memakai sistem digital dan analog berupa lembaran kertas. Serta membutuhkan tenaga yang terampil dan mampu menginput data dengan baik dan benar. Untuk itulah dilakukan pelatihan dalam hal memasukkan data di komputer yang telah terintegrasi dengan jaringan milik pemerintah pusat. Kegiatan ini dilakukan di pendopo Balai desa Dukuhsari kecamatan Jabon. Diikuti sekitar 50  peserta, Selasa (16/3/2021).

Menurut Ikhwan Widodo SE. Kepala Desa Dukuhsari, kegiatan tersebut diadakan oleh Badan Pembina Pembantu Keluarga Berencana (BPPKB) dengan agenda setiap tahun dengan orientasi tingkat desa bagi kader untuk memberikan laporan kepada pemerintah dalam hal ini dibidang pengendalian penduduk.

“Jadi kader-kader ini di bimbing untuk mendata masyarakat terutama usia produktif bagaimana perkembangannya dan kekurangannya pendataan ini.dengan pembagian di usia, seperti usia lanjut, balita dan usia produktif,”jelas Ikhwan.

Sementara itu, Drs. A. Udin dari kepala pembina pendataan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam rangka pendataan keluarga tahun 2021.

“Sebelum pelaksaan pendataan kita adakan orientasi atau pembekalan di tingkat desa atau kader pendata. Sehingga teman-teman tidak mengalami kendala dalam melakukan pendataan karena tahun 2021 mengunakan dua sistem yaitu manual atau formulir dan digital melalui smartphone. Dan saya harapkan masyarakat membantu para petugas sehingga nantinya didapatkan data yang valid dan akurat,”jelasnya .(msa)